Orang Tua Wajib Tahu! Inilah 10 Makanan Pantangan untuk Bayi

Tumbuh kembang bagi juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang diperolehnya. Gizi yang didapatkan buah hati dalam makanan hariannya sangat berhubungan erat dengan perkembangan kecerdasan dan kesehatan. Kalau bayi tidak mendapatkan asupan makan yang baik, bisa jadi perkembangannya akan mengalami gangguan. Sebagai pencegahan tersebut, sangat penting juga untuk menghindari berbagai makanan pantangan tertentu. Apa saja 10 Makanan Pantangan untuk Bayi?
Orang Tua Wajib Tahu! Inilah 10 Makanan Pantangan untuk Bayi
1. Kulit ayam
Daging ayam memang memiliki kandungan lemak yang rendah. Sayangnya pada bagian kulitnya, terkandung kolesterol yang sangat tinggi.

2. Madu
Madu memang dikenal sebagai sumber makanan berkualitas tinggi. Madu dapat dijadikan pemanis alami. Sayangnya madu terkandung spora bakteri yang menghasilkan bakteri clostridium botulinum.

3. Kikil dan daging tetelan
Kedua jenis makanan tersebut mengandung asam amino yang sangat tinggi. Padahal asam tersebut tidak bisa dicerna oleh tubuh. Sehingga bisa sangat berbahaya bagi sistem pencernaan bayi.

4. Jeroan sapi
Makanan ini dikenal dengan kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Sehingga sangat tidak bagus, kalau dikonsumsi oleh bayi.

5. Buah-buahan asam
Buah yang rasanya terlalu asam, seperti buah anggur, stroberi dan sebagainya, bisa mengakibatkan sistem pencernaan yang belum berkembang sempura dapat mengalami gangguan.

6. Makanan olahan dengan kandungan bahan pengawet
Nugget, sosis dan daging asap memiliki banyak kandungan zat kimia berbahaya dan tinggi garam. Sehingga sejumlah makanan tersebut, terbilang tidak bagus dikonsumsi oleh bayi.

7. Ikan laut
Ikan bisa mengakibatkan reaksi alergi bagi sebagian bayi. Sedangkan sistem imunitas atau kekebalan bayi belum terbentuk secara sempurna. Sehingga berbagai penyakit bisa saja menyerang buah hati.

8. Lobak dan kol
Kedua makanan tersebut sangat penting untuk selalu dihindari. Alasannya karena di dalamnya terkandung gas. Sehingga bisa mengakibatkan perut bayi mudah terserang kondisi kembung.

9. Penguat atau penyedap rasa
Dilarang memberikan penguat rasa, seperti MSG di dalam makanan bayi. Karena unsur senyawa monosodium glutamat di dalamnya bisa menurunkan tingkat kesehatan tubuh.

10. Pemanis buatan
Sakarin adalah jenis pemanis buatan yang bisa mengakibatkan batuk. Selain itu pemanis buatan yang terkandung di dalam produk gula bisa mengakibatkan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *