Cara Menghilangkan Jerawat Yang Efektif dan Aman

Setiap orang ingin memiliki wajah yang bersih mulus, bagi orang yang memiliki masalah dengan kulit wajahnya yaitu berupa munculnya bintik-bintik jerawat yang sangat mengganggu penampilan terutama bagi kaum hawa pastilah ingin segera menghilangkan jerawat tersebut pada wajahnya. Banyak sekali obat kimia di pasaran yang menjanjikan cara menghilangkan jerawat dengan cara cepat, padahal kita tidak tahu efek samping zat kimia tersebut pada kesehatan kulit wajah kita di masa yang datang. Sebaiknya kita memilih cara menghilangkan jerawat dengan cara-cara yang alami dan aman.

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Efektif dan Aman

Sebelum kita membahas cara menghilangkan jerawat ada baiknya saya membagikan info penting mengenai jerawat terlebih dahulu.

Definisi Jerawat
Jerawat memiliki istilah medis yaitu acne vulgaris, termasuk kedalam jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya kelenjar minyak yang terdapat di foliker bulu halus atau rambut. Jerawat merupakan penyakit kulit yang biasanya sering terjadi pada pria maupun wanita pada masa pubertas. Hal ini disebabkan pada masa-masa puber kelenjar hormon (sebaceous) mulai tumbuh, dimana kelenjar tersebut dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada pria dan wanita.

7 Fakta Mengenai Jerawat Yang Harus Anda Ketahui

  • Jerawat Termasuk kedalam golongan penyakit kulit
  • Penyebab jerawat adalah kelenjar minyak yang berada pada dasar folikel rambut
  • Biasanya sering terjadi pada masa pubertas pada pria maupun wanita
  • Termasuk kedalam jenis penyakit kulit yang tidak berbahaya, akan tetapi meninggalkan bekas luka dan mengganggu penampilan
  • Jerawat bisa juga dipengaruhi oleh history keluarga atau genetik
  • Jerawat bisa juga dipengaruhi oleh kondisi seperti kecemasan, stress, siklus menstruasi, make up dan kosmetik, iklim yang panas dan lembab dan rambut yang berminyak
  • Dokter spesialis jerawat disebut dermatologist

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum melakukan pengobatan jerawat :

  • Jangan pernah memencet jerawat, apabila anda melakukan hal ini maka akan berdampak lebih ganas, tahan diri anda apabila anda merasa “gemas” dengan jerawat anda, jangan coba-coba untuk menyentuhnya apalagi sampai memencetnya.
  • Jangan sampai terkena sinar matahari secara berlebihan
  • Bersihkan wajah secara teratur, minimal 2 x sehari
  • Sebaiknya menghindari makanan berminyak seperti kacang-kacangan dan daging penuh lemak

Berikutnya akan kita bahas cara menghilangkan jerawat, saya akan membagi menjadi 3 kelompok utama bagaimana cara menghilangkan jerawat, yaitu :

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dan herbal
  • Cara menghilangkan jerawat melalui pola hidup atau kebiasaan
  • Cara menghilangkan jerawat memalui pengobatan klinik

Berikutnya kita akan membahas satu-satu bagaimana cara menghilangkan jerawat dari 3 kelompok diatas tersebut.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI DAN HERBAL

Cara menghilangkan jerawat dengan cara yang pertama ini adalah cara yang paling mudah dan aman, bahan-bahannya pun banyak tersedia di sekitar kita. Keuntungan dengan cara alami dan herbal ini adalah :

  • Biaya yang murah
  • Bahan-bahan mudah ditemukan
  • Tidak ada efek samping

CARA ALAMI DENGAN HERBAL UNTUK MENGHILANGKAN JERAWAT

Es Batu
Es batu merupakan salah satu herbal yang bisa kita gunakan sebagai penghilang jerawat pada wajah. Bagaimana cara kerja es batu untuk bisa menghilangkan jerawat tersebut?, es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah pada lokasi jerawat berada. Apabila peredaran darah menjadi lancar otomatis bisa membantu menghilangkan jerawat dari kulit wajah anda. Es batu juga dapat berfungsi membantu pembekuan pori-pori yang melebar pada kulit, membasmi bakteri, melenyapkan minyak yang menumpuk diwajah dan membersihkan kotoran yang menempel pada wajah.

Cara Penggunaan :
Ambil es batu secukupnya, harus di pastikan es batu terbuat dari air yang bersih
Lalu bungkus es batu tersebut dengan sepotong air bersih
Letakkan pada jerawat selama beberapa detik saja
Kemudian tunggu beberapa menit dan ulangi proses tersebut 10 sampai dengan 20 x
Lakukan terus menerus secara rutin sampai jerawat kempes

Madu
Madu merupakan herbal yang bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat secara alami dan aman. Madu memiliki zat antibiotik yang sangat tinggi yang bisa membantu anda mencegah infeksi serta membantu proses penyembuhan pada kulit.

Cara Penggunaan :
Oleskan madu pada kapas kecantikan, kemudian tempelkan pada jerawat dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air suam-suam. Cara yang lainnya bisa anda lakukan dengan menyiapkan kayu manis dan madu secukupnya, lalu buat pasta denga percampuran keduanya, oleskan pada lokasi jerawat sebelum tidur, pagi harinya bilas dengan air bersih.

Buah Lemon
Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif lainnya adalah dengan menggunakan buah lemon, buah lemon yang banyak mengandung vitamin C ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat yang timbul dan besar.

Jus lemon bisa mengecilkan jerawat dengan cepat dan efektif, pastikan anda membuatnya sendiri jangan membeli jus lemon yang sudah jadi dalam kemasan botol dikarenakan mengandung bahan kima.

Cara Penggunaan :
Sediakan 1-2 buah lemon, lalu belah dua dan peras airnya. Usap air lemon pada kapas, lalu tempelkan pada lokasi jerawat jerawat sebelum tidur dan bilas denag air pada pagi harinya.

Bawang Putih
Bawang putih kita kenal sebagai bumbu yang digunakan untuk memasak, selain itu ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk membasmi jerawat yang membandel dan mengembalikan ‘kelestarian’ wajah anda. Bawang putih berfungsi sebagai antivirus, anti jamur, antioksidan dan juga antiseptik yang bisa kita dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Bawang putih banyak mengandung zat sulfur yang sangat ampuh untuk membasmi jerawat pada wajah.

Cara Penggunaan :
Potong satu siung bawang putih menjadi 2 bagian, lalu gosokkan bawang putih pada jerawat yang membandel diwajah, kemudian diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, cuci dengan air suam-suam. Lakukan secara rutin selama beberapa hari sampai jerawat mengecil.

Tomat
Sebelum adanya berbagai macam produk kecantikan, sejak jaman dahulu tomat sudah digunakan untuk membantu menghaluskan kulit wajah. Tomat banyak mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk membasmi jerawat.

Cara Penggunaan :
Siapkan 1 buah tomat, iris tomat secukupnya, lalu tutup pada lokasi jerawat yang membandel. Biarkan selama 5-10 menit. Lakukan setiap hari secara rutin selama jerawat menghilang. Bisa juga dengan cara tomat di masker pada wajah kita, ambil 2 buah tomat, blender hingga halus tanpa campuran air, lalu oleskan pada wajah secara merata diamkan selama 30 menit, bilas hingga bersih, lakukan rutin setiap hari.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT MELALUI POLA HIDUP DAN KEBIASAAN SEHARI – HARI

Cucilah Muka Minimal 2x dalam sehari
Penyebab jerawat adalah produksi minyak pada kulit wajah, bakteri, juga sel kulit mati dan pori-pori yang tersumbat akan menjadi pupuk subur bagi tumbuhnya jerawat pada wajah. Dengan mencuci muka minimal sehari 2 x akan membersihkan wajah dari berbagai bakteri dan sel kulit mati. Pastikan cream yang anda gunakan untuk mencuci muka dapat membersihkan pori-pori dan menekan minyak keluar dari kulit wajah anda.

Hindari Pemakaian Kosmetik Secara Berlebihan
Saat ini banyak beredar bahan kosmetik dipasaran, sebaiknya anda tidak menggunakan bahan kosmetik yang tidak jelas rimbanya, karena bahan kimia yang digunakan pada kosmetik sangat manjur untuk membuat wajah anda dipenuhi dengan jerawat. Maka berhati-hatilah memilih bahan kosmetik, terutama bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat yang membandel.

Rajin-rajinlah Berolahraga
Dengan berolahraga anda akan mengeluarkan keringan, saat anda berkeringan racun akan keluar dari tubuh. Lapisan kulit epidermis pada wajah juga butuh detoksifikasi, yaitu proses mengeluarkan racun agar jerawat tidak tumbuh subur di wajah anda, dengan berkeringat dapat membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda.

Hindari Keadaan Stres
Ketika anda dalam kondisi stres reaksi kimia yang ditimbulkan dapat memicu meningkatkan produksi horman yang dapat menyuburkan jerawat pada wajah anda.

Perbanyak Minum Air Putih
Air putih dapat membantu detoksifikasi, yaitu pengeluaran racun dari dalam tubuh, dan juga melancarkan peredaran darah yang mungkin bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DI KLINIK KECANTIKAN

Ada banyak klinik kecantikan yang menfaatkan teknologi dan pengobatan serta teknologi laser untuk melakukan pengobatan jerawat. Tentunya apabila anda berobat ke klinik kecantikan harus siap-siap merogoh kocek yang tidak sedikit karena biaya yang dikeluarkan cukup mahal, dan juga terkadang belum tentu menghilangkan jerawat yang ada.

Berikut Beberapa Teknik Yang Kerap Digunakan Oleh Klinik Kecantikan Untuk Menghilangkab Jerawat :

  • Mikrodermabrasi
  • Teknologi Laser
  • Facial Wajah
  • Peeling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *