Tips Cara Ingin Hamil Dengan Cepat

Ingin hamil dengan cepat biasanya hal yang bisa dilakukan adalah salah satunya dengan menghitung masa subur. Pada wanita yang sedang dalam masa subur, maka biasaya ditandai dengan perubahan fisik. Masa subur ini juga bisa dihitung dan juga ditulis dikertas. Maka masa subur ini berkaitan dengan menstruasi dan siklus menstruasinya. Dalam menghitung masa subur ini diperlukan suatu siklus menstruasi bulanan. Anda sebaiknya membuat catatan mengenai siklus menstruasi secara teratur pada setiap bulannya.
Klinik Utama GoMem Poli Kebidanan dan Kandungan
Cara yang mudah adalah dengan menuliskan pada buku diary atau juga dengan member tanda pada kalender menggunakan spidol yang berwarna. Tandai hari pertama menstruasi yaitu hari pertama siklus dimana keluar bercak-bercak kecokelatan sampai kemerahan. Hari-hari selanjutnya biasanya diberi nomor namun tidak termasuk pada haru pertama menstruasi berikutnya.

Meskipun ada yang mengususlkan untuk mmebuat catatan menstruasi sebagai salah satu cara ingin hamil dengan cepat yang dilakukan selama setahun. Disebutkan bahwa dibutuhkan minimal pola menstruasi selama 3 bulan terakhir remat 28 hari, 30 hari, 27 hari, dan kemudian dibuat reratanya. Jika rata-ratanya menghasilkan 28 hari yang berarti kondisi normal maka masa suburnya akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang pada bulan berikutnya.

Perhitungan masa subur yang merupakan salah satu cara ingin hamil dengan cepat ini akan efektif bula siklus menstruasinya normal yakni 21-35 hari. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau juga tidak normal, maka perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar juga gagal. Namun, tidak ada salahnya jika ingin mencoba.

Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur bisa menggunakan data siklus menstruasi yang dilakukan selama 6 bulan atau 6 siklus. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali iklus menstruasi bisa dikurangi 18. Hitungan ini menentukan dari hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32hari. Perhitungannya :26-18= 8 dan 32-11 = 21. Jadi, masa suburnya adalah mulai dari hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasinya.

– Hindari stres
Saat melakukan hubungan intim, usahakan pikiran konsentrasi, lupakan masalah sejenak misalnya gagal hamil, agar anda dan pasangan menikmati hubungan intim tersebut dan bersamaan mencapai orgasme.

– Orgasme bersamaan
Beberapa sumber mengatakan bahwa ketika terjadi orgasme pada wanita, vagina mengalami gerakan seperti menyedot, di mana gerakan ini menguntungkan sperma karena sperma dapat ikut tersedot ke dalam. Hal ini menguntungkan karena tugas sperma untuk membuahi sel telur menjadi lebih dekat.

– Posisi bercinta sesuai bentuk rahim
Bentuk rahim wanita menentukan posisi bercinta yang pas agar terjadi pembuahan. Untuk mereka yang bentuk rahimnya antrofleksi (menekuk ke depan), posisi apa pun akan memudahkan perjalanan sperma menuju sel telur. Namun, untuk mereka yang bentuk rahimnya retrofleksi (menekuk ke belakang), posisi yang disarankan adalah berlutut (menungging). Posisi ini akan membantu “mengantar” sperma sedekat mungkin mencapai indung telur.

– Mengangkat kaki atau pinggul
Selain itu, rajin-rajinlah mengganjal bokong istri dengan bantal sesaat setelah terjadinya ejakulasi agar sperma tergenang lebih lama. Namun, satu hal yang tidak kalah penting agar anda cepat hamil adalah sewaktu membersihkan vagina. Sebaiknya wanita menghindari penggunaan cairan pembersih vagina sesaat setelah hubungan seksual karena cairan pembersih vagina dapat bersifat toksik untuk sperma dan akan mempersulit terjadinya kehamilan.

– Kalori
Selama masa hamil seorang ibu membutuhkan 300 kalori per hari pada trisemester kedua dan ketiga agar berat badan bayi bertambah atau meningkat 12 – 16 kg untuk menghasilkan berat badan yang cukup pada saat dilahirkan.
Dengan berat badan bayi yang didapat pada
– trisemester pertama 0,5 kg/bulan
– trisemester kedua 0,5 kg/minggu
– sampai trisemester terakhir ( bulan ke – 9 ) 0,5 – 1 kg

Kalori mudah diperoleh dengan mengkonsumsi kacang – kacangan, buah, sereal, beras merah, sayur, kentang dll

– Protein
Protein juga sangat penting bagi wanita yang sedang hamil untuk membantu membangun, memperbaiki dan mengganti jaringan dalam tubuh agar pertumbuhan janin optimal. Protein dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi tahu, tempe, daging, ayam, ikan, susu, dan telur.

– Kalsium
Janin atau bayi sangat memerlukan kalsium begitu halnya ibu. Karena kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin atau bayi. Apabila kalsium yang didapat janin atau bayi kurang, maka janin atau bayi akan mengambil dari tulang, yang terjadi mengalami pelunakan tulang ( (osteomalasia) nantinya. Kalsium mudah diperoleh dari susu, tahu, brokoli, kacang-kacangan.

– Zat besi
Zat Besi merupakan keutamaan atau pokok yang diperlukan oleh seorang wanita yang sedang hamil maupun untuk janin atau bayi, karena apabila kekurangan zat besi akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi terhambat. Kekurangan zat besi dapat memicu resiko cacat (mortalitas) pada janin atau bayi bahkan kemungkinan pada ibu itu sendiri. Karena kebutuhan zat besi sulit dipenuhi dari diet pola makan, maka terkadang pemakaian suplemen disarankan. Zat besi dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi bayam,sayur yang mengandung zat hijau organik, daging, beras merah, hati, ikan, kerang, telur, kedelai dll.

– Asam Folat (vitamin B)
Asasm Folat ( Vitamin B ) sangat disarankan baik ketika masa pembuahan sampai masa kehamilan itu berlangsung dan menyusui, karena asam folat membantu pencegahan janin atau bayi lahir cacat otak maupun tulang belakang. Penelitian menunjukkan resiko kelainan tulang belakang (spina bifida) dan kelainan ronggga otak (anensefali) menurun hingga 50%. Sangat disarankan untuk mendapatkan 400 mg asam folat per hari. Asam folat dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jus jeruk bayam, oatmeal, brokoli, stoberi, dan roti.

– Cairan
Diartikan rajin mengkonsumsi air putih 6 – 8 gelas setiap harinya , setidaknya 1 liter per hari. Apabila selama masa kehamilan mengalami pembengkakan sperti pada kaki karena cairan ( air putih ) tidak akan megurangi pembengkakan. Selain itu air putih, juga dapat mengkonsumsi sup, jus, dan teh.

– Garam
Garam dapat membantu mengatur air dalam darah. Kebutuhan tubuh akan garam sedikit, sekitar 2000 hingga 8000 mg per hari. Beberapa ibu yang terkena darah tinggi atau preeklamsia bahkan tidak memerlukan tambahan akan konsumsi garam.

– Jangan lupa untuk menghindari rokok, konsumsi alkohol dan kafein.

Tips Ingin Hamil Pasca Keguguran
Tips Sederhana Atau Cara Ingin Hamil Pasca Keguguran :
1. Perhatikan siklus menstruasi anda dari bulan ke bulan
2. Biasakan hidup bersih terutama kebersihan organ kewanitaan anda, karena vagina sangat rentan terinfeksi kuman, atau virus. Cara membasuh dari depan ke belakang ketika selesai buang air kecil atau air besar dan mengganti underwear.
3. Jalani pola makan, istirahat dan olahraga yang baik, cukup dan teratur. Bila perlu lakukan Senam Kegel guna melenturkan otot-otot vagina
4. Refleksikan diri dan pikiran anda dari rutinitas yang padat
5. Hindari rokok, minuman beralkohol dan bersoda
6. Tingkatkan konsumsi vitamin, makanan, sayur dan buah – buahan berserat tinggi, air putih dan susu penunjang kehamilan
7. Frekuensi hubungan seksual dan pola aktivitas seksual lebih bervariatif
8. Pemilihan alat kontrasepsi yang aman dan baik ketika ingin menunda kehamilan sementara.
9. Mengikuti senam hamil yang ringan bagi wanita yang sedang hamil
10. Tidak mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan berat yang menguras energi/tenaga

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kehamilan tak kunjung datang :
1. Terjadi Gangguan reproduksi. Ada beberapa hal yang memicu gangguan reproduksi seperti pernah mengalami keputihan berlebih, pernah operasi kista, terinfeksi kuman, virus candida ketika berhubungan seksual atau kebersihan organ intim yang kurang peka.
2. Siklus menstruasi tidak lancar dan tidak teratur, sering mengalami sakit pada bagian perut bawah ( rahim ) ketika menstruasi, tekstur dan warna darah yang berwarna merah kehitaman karena mungkin terdapat luka pada rahim dalam atau vagina anda. Karena indung telur hanya menghasilkan 1 sel telur setiap siklus menstruasi.
3. Kebiasaan pola hidup yang kurang sehat. Mungkin suka merokok, minum alkohol, minuman bersoda
ketahuilah bahwa kandungan nikotin dalam rokok bisa menyebabkan kerusakan pada janin dan sel telur dalm indung telur terhambat begitu pula dengan minuman yang mengandung soda dan alkohol tinggi menyebabkan kekeringan dan kerusakan hormon esterogen dan progesteron
4. Kesehatan yang kurang seimbang. Misalnya asupan nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh kurang, stress, istirahat kurang dan olahraga yag tidak tepat dan teratur. Perhatikan kebersihan organ kewanitaan anda secara rutin dan bersih.
5. Pemilihan alat kontrasepsi yang salah. sebagian wanita menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan, tetapi ketahuilah dalam menggunakan dan memilih alat kontarsepsi disarankan untuk konsultasi dahulu dengan dokter kandungan mengenai jenis dan jangka waktu dari alat kontrasepsi yang akan digunakan dan setelah melepas alat kontrasepsi berapa lama jangka waktu untuk program kembali bisa hamil.
6. Keadaan sel telur untuk siap dibuahi secara matang
7. Tingkat Kesuburan terkait dengan siklus menstruasi dan usia.
8. Pasca Keguguran. Mungkin masih ada sisa darah atau cairan didalam atupun diluar kandungan yang masih menempel pada dinding rahim atau ada kerak yang menempel pada dinding vagina karena kurang bersih dan tuntas.

Ketika Wanita Ingin Hamil Pasca Keguguran
Keguguran adalah hal yang sangat menyedihkan bagi pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran buah hati untuk meramaikan suasana rumah tangga. Keguguran bisa timbul kaena berbagai komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu biasanya dokter menyaranakan untuk menunda sementara kehamilan berikutnya kurang lebih dalam kurun waktu 6 – 12 bulan.

Namun menurut salah satu peneliti yang berasal dari sebuah Universitas Aberdeen, Skotlandia mengungkapkan bahwa sekitar 30.000 wanita skotlandia bisa hamil lagi dalam kurun 6 bulan setelah pasca keguguran karena belajar dari pengalaman terdahulu. Menurut salah satu peniliti, keguguran tercatat 80% yang disebabkan oleh faktor genetik, yaitu akibat ketidaksesuaian jumlah kromosom antara suami dan isteri.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keguguran adalah:
1. Adanya kelainan pada janin yang disebabkan kelainan kromosom, terjadi pada saatproses pembuahan sedang berlangsung. Akibatnya, embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.

2. Adanya kelainan pada ibu, seperti kelainan pada sisterm hormonal (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit lainnya yang diderita oleh si ibu ketika masa kehamilan.

3. Adanya kelainan pada rahim. Kelainan yang paling umum terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir trimester pertama.

Penyebab – Penyebab lain yang memicu keguguran :
1. Penyebab lain adalah infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll.
2. Keguguran juga dapat diakibatkan oleh pola hidup yang tidak teratur dan terkontrol. Wanita yang suka merokok, minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan.

Tanda-Tanda Keguguran
Sebelum keguguran benar-benar terjadi, ada beberapa tanda yang menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres selama kehamilan berlangsung.

Berikut Tanda-tanda terjadinya keguguran yaitu:

– Perdarahan
Perdarahan adalah tanda yang paling umum. Perdarahan bisa terjadi dengan meninggalkan tanda berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai perdarahan hebat, terkadang ditemui dibeberapa bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak atau kantung ketuban yang robek.

– Kram atau Kejang Perut
Rasa kram atau kejang pada perut sama halnya ketika mengalami awal menstruasi, rasa kram atau kejang di perutdaat berlangsung lama dan biasanya tradi di bagian panggul.

– Nyeri Pada Bagian Bawah Perut
Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, pangkal paha atas dan sekitar alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam bahkan sampai beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.

Hal – hal yang memicu keguguran itu terjadi :
1. Kondisi kandungan yang lemah
2. Kurang olahraga atau senam hamil
3. Kurang konsumsi vitamin, susu, makanan atau buah – buahan yang banyak mengandung gizi, serat serta vitamin yang dibutuhkan oleh seorang ibu dan janin
4. Kelelahan
5. mengangakat beban berat
6. Stress dsb

Solusi Jitu Ingin hamil Atau Ingin Punya Anak
Setiap pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan kehadiran seorang anak untuk menambah kebahagian dan keharmonisan rumah tangga dan sebagai kelengkapan keluarga. Setiap wanita yang sudah menikah pasti menginginkan kehamilan agar disebut sebagai wanita yang sempurna yang bisa memberikan keturunan, karenanya menjadi seorang ibu akan mengalami sendiri masa kehamilan, persalinan dan merawat serta mendidik anak-anaknya. Ibu adalah Tonggak dalam membentuk suatu Keluarga yang sehat dan bahagia. Tentu saja dengan dukungan dan kerjasama dari suami dan juga seluruh keluarga.

Wanita yang ingin cepat hamil biasanya dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu siklus menstruasi, masa menstruasi dan keadaan ketika sedang menstruasi. Di jaman Modern dengan teknologi serba canggih banyak cara agar wanita ingin cepat hamil misalnya dengan program kehamilan di klinik gomem bagi mereka pasangan yang telah lama menikah dan belum dikaruniai anak.

Ada Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Wanita Yang Cepat Hamil pasca menikah, seperti ;
1. Memiliki siklus menstruasi yang normal 28 hari dengan masa menstruasi biasanya 3 – 7 hari
2. Riwayat kesehatan yang dimiliki cukup baik, seperti : tidak mempunyai penyakit mioma, kista, tidak mengalami keputihan yang berlebih dan atau sebagainya
3. Pola hidup yang terbiasa sehat dan teratur
4. Bagi mereka yang sudah menikah. Kegiatan hubungan seksual berjalan baik dan teratur minimal 2 – 4 kali /minggu, dengan jeda 1 hari guna menghindari proses terbenturnya antara sel telur dan sperma yang sedang berkembang untuk membentuk sebuah janin.
5. Posisi ketika berhubungan seksual
6. Perasaan rileks. Cobalah untuk tetap rileks dalam menghadapi hal ini bersama pasangan karena stress hanya akan mempersulit terjadinya konsepsi.
7. Tingkatan Masa subur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *